Kamis, 21 Agustus 2014

Pemasangan Lengan

Desain lengan ada bermacam - macam seperti lengan licin, lengan kop, lengan poff,  lengan  kop poff,  lengan  reglan  dan sebagainya. Teknik pemasangan  setiap jenis lengan ini juga berbeda disesuaikan dengan model dan bentuknya, secara prinsip ada 3 bentuk lengan:


1).  Lengan yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan,
2)   Lengan reglan yaitu lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak,
3). Lengan  setali adalah lengan yang menyatu dengan badan.

a)  Lengan licin yaitu lengan yang  bentuk lingkar  kerung  lengannya  licin, yang  adahanyakerutan  semu  pada lengan yang tujuannya  agarpemasangan lengan tidak kaku  dan enak dipakai,  terutama pada puncak  lengan.  
Cara pemasangannya adalah sebagai berikut:
1)  Siap kan badan yang sudah dijahit garis bahu dan garis  sisi.
2)  Jahitpuncak kerung lengan dengan setikan jarang dua lajur,garis pola terletak diantara setikan, dengan jarak antara setikan 0,5 cm.
3)  Jahit sisi lengan
4)  Ukurlingkar kerung lengan badandansamakandengan ukuran lingkar kerung lenganpada lengan.
5)  Pasangkan lengan,  dengan  posisi  bagian  baik badan  menghadap  bagian  baik lengan dengan bantuan jarum  pentul atau jelujuran dan posisikan  garis  bahu  tepat pada titik puncak lengan.  Jahit sekeliling  lingkar kerung  lengan pada garis kampuh.

b)   Lengan poff
Lengan poff  yaitu lengan  yang mempunyai kerutan pada puncak lengan, lengan  ini banyak dipakai  olehwanita dan anak-anak.

Cara pemasangannya adalah sebagai berikut :
1)  Siapkan badan yang sudah dijahit garis bahu dan garis sisi.
2)  Jahit puncak kerung lengan dengan setikan jarang  dua lajur, garis pola terletak diantara setikan, dengan jarak  antara setikan 0,5 cm.Lalu dikerut sesuai kebutuhan/desain
3)  Jahit sisi lengan
4)  Ukur lingkar kerung lengan badan dan samakan dengan ukuran lingkar kerung lengan pada lengan.
5)  Pasangkan lengan, dengan posisi bagian baik badan menghadap bagian baik lengan dengan bantuan j arum pentul atau jelujuran dan posisikan garis bahu tepat  pada titik puncak lengan. Jahit sekeliling lingkar kerung  lengan pada garis kampuh.

c)  Lengan reglanadalah  lengan  yang tidak mempunyai  lingkar kerung lengan  tetapi  mempunyai garis  serong  dari  leher  sampai ketiak  (sisi badan) baik bentuk bagian muka maupun bagian belakang.

Cara menjahitnya adalah :
1)  Satukan badan muka dengan lengan muka
2)  Satukan badan belakang dengan lengan belakang
3)  Satukan sisi dari  ujung  le ngan sampai batas bawah busana kiri dan kanan .

d)  Lengan  setali  adalah lengan yang tidak mempunyai lingkar kerung lengan. Lengan setali dibuat menyatudengan badan,  ada yang mempunyai garis  bahu  dari leher sampai panjang lengan atau tidak mempunyai garis  bahu  (garis bahu dibuat pada lipatan kain)

Cara menjahitnya :
1)  Satukan  garis lengan bagian mukadengan  bagian belakang baik  sebelah  kiri ataupun sebelah kanan kanan(untuk yang ada jahitan di bahu).
2)  Jahit sisi lengan terus ke sisi badan dengan demikian lengan sudah dibentuk


                                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar